Kamis, 16 April 2009

Tips Menurunkan Berat Badan dengan Cepat

Mau Menurunkan Berat Badan Secara Alami ?

Berat badan yang ideal menjadi dambaan terutama bagi kaum hawa. Namun pada kenyataannya banyak sekali wanita yang mengeluh susah untuk menurunkan berat badan. Untuk itu berikut tips-tips yang mungkin dapat membantu anda dalam mengatasi masalah tersebut :
  1. Lakukan aktifitas fisik. Aktifitas fisik dapat membantu pembakaran lemak tubuh. Namun aktifitas fisik yang bagaimana? Tentunya aktifitas fisik yang dilakukan secara moderate artinya aktifitas membutuhkan waktu yang lama 30 sampai 60 menit. Aktifitas yang moderate membutuhkan oksigen ( tahap aerob ) sehingga lemak yang ada di dalam tubuh dipaksa untuk masuk ke dalam siklus krebs lagi dan lagi. Hasilnya semakin banyak pula lemak tubuh yang terbakar. Kemudian kita juga membutuhkan aktifitas fisik yang dilakukan secara teratur, ini dapat dilakukan secara bertahap misalnya :1x seminggu, 2x seminggu, dan 3x seminggu. Dan sebaiknya aktifitas fisik ini dapat dilakukan secara terus menerus. Contoh : jalan, lari, renang, senam dan bersepeda.
  2. Kurangi asupan kalori. Pilihlah bahan makanan yang mengandung nilai kalori yang rendah seperti sayur, buah. Bila ingin menggunakan minyak dalam memasak makanan, maka gunakanlah minyak yang mengandung MCT ( Medium Chain Triglyserida= Asam Lemak Rantai Sedang ) contohnya : minyak kelapa. Hindari penggunaan minyak yang mengandung LCT ( Long Chain Triglyserida = Asam Lemak Rantai Panjang ) contohnya : minyak sawit. Untuk mengurangi asupan kalori, penggunaan minyak kelapa lebih baik daripada minyak sawit. Mengapa? karena minyak kelapa hanya mengandung 8 atom C ini berarti dalam 1 molekul minyak kelapa sawit dapat menyumbangkan kalori sebesar 61 kalori. Sedangkan minyak sawit mengandung 16 atom C ( 2x lipat dari minyak kelapa ) hal ini berarti bahwa dalam 1 molekul minyak sawit dapat menyumbangkan energi sebesar 129 kalori. Nah, dari sini kita tahu bahwa minyak sawit lebih besar kontribusinya terhadap asupan kalori ke dalam tubuh dibandingkan dengan minyak kelapa.
  • Selamat mencoba , semoga sukses dan tetap semangat !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar